UNSUR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILANKEPUTUSAN KONSUMEN
Kata Kunci:
faktor, pengambilan keputusanAbstrak
Pengambilan keputusan adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh
seseorang dalam usaha memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi
kemudian menetapkan berbagai alternatif yang dianggap paling rasional dan
sesuai dengan lingkungan organisasi. Jadi mengambil keputusan berarti
memilih dan menetapkan satu alternatif yang dianggap paling
menguntungkan dari beberapa alternatif yang dihadapi. Tahapan-tahapan
dari suatu pembelian, sebagai berikut: (a) pengenalan maslaah, (b) pencarian
informasi, (c) penilian alternatif, (d) keputusan pembelian, (e) perilaku
pasca pembelian. Unsur-unsur pengambilan keputusan, yaitu: (a) Tujuan
dari pengambilan keputusan, (b) Identifikasi alternatif-alternatif keputusan
untuk memecahkan masalah, (c) Perhitungan mengenai faktor-faktor yang
tidak dapat diketahui sebelumnya atau di luar jangkauan manusia, dan (d)
Sarana atau alat untuk mengevaluasi pengambilan keputusan. Sedangkan
perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan dipengaruhi oleh empat
faktor sebagai berikut: (a) faktor informasi, (b) Tingkat Pendidikan, (c)
faktor sosial atau lingkungan, (d) faktor budaya, (e) faktor pribadi, dan (f)
faktor psikologis.