Efektifitas Media Sosial Instagram Sebagai Strategi PromosiOnline Kawasan Wisata Pacet Mojokerto
Kata Kunci:
Efektifitas, Instagram, Strategi PromosiAbstrak
Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki banyak potensi
pariwisata, diantaranya keindahan alam yang beraneka ragam, kebudayaan yang unik
dan beragam, serta situs peninggalan sejarah. Salah satunya adalah di daerah Jawa
Timur tepatnya di kawasan Wisata Pacet Mojokerto. Instagram menjadi media sosial
yang sangat populer di berbagai belahan dunia karena memungkinkan penggunanya
untuk berbagi konten fotografi serta mengikuti kehidupan para pesohor favorit. Kini
wisata pacet memiliki akun instagram yaitu WISATA PACET TRAWAS
(@wisatapacet) yang saat ini memiliki pengikut sebanyak 8.533. Akun ini berisi tentang
informasi wisata, kuliner, budaya, dan kearifan lokal Pacet. Akun ini dipergunakan
sebagai salah satu strategi promosi online wisata pacet. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis efektifitas media sosial instagram sebagai strategi promosi online wisata
Pacet dan menganalisis karakteristik konten instagram @wisatapacet sebagai strategi
promosi online wisata Pacet. Penelitian ini mengarah pada penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode library research. Berdasarkan hasil dari penelitain dapat
disimpulkan bahwa media sosial sudah cukup efektif sebagai strategi promosi kawasan
wisata karena pengguna media digital yaitu instagram yang cukup banyak diminati oleh
pengguna internet. Isi dari konten @wisatapacet kurang bervariasi dan inovatif. Saran
yang dapat disampaikan dari penelitian ini adalah untuk pengelola konten instagram
@wisatapacet lebih memperhatikan postingan-postingan tentang destinasi wisata pacet
dan bisa ditambah dengan informasi kuliner pacet atau yang lainnya sehingga
menambah pengunjung yang berwisata ke pacet. Pihak pengelola akun bisa menambah
bagian khusus yang memegang sosial media supaya lebih efektif dalam melakukan
promosi.