PANDANGAN MULTINATIONAL CORPORATIONS(MNC) TERHADAP KASUS PENUTUPAN TIK TOKSHOP

Penulis

  • Nuh Krama Hadianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darul Falah Mojokerto Penulis
  • Herman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darul Falah Mojokerto Penulis
  • Dedeh Imam Fatmasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darul Falah Mojokerto Penulis

Kata Kunci:

Multinational corporation, penutupan tik tok shop

Abstrak

Dalam ekonomi politik internasional, Multinasional Corporation
(MNC) mempunyai peran yang penting dalam transaksi internasional.
MNC tumbuh dengan cepat, tidak hanya dari negara maju saja, MNC
dari negara berkembang pun, pada saat ini telah tumbuh dengan pesat.
Dengan adanya MNC dapat memberi pengaruh yang besar dalam
politik global, sehingga dengan adanya pengaruh ekonomi hal ini
dapat menjadi sumber untuk menjalin relasi dengan masyarakat dan
dapat melobi politik. Saat ini banyak perusahaan multinasional di
berbagai negara yang mempunyai pendapatan yang sangat besar,
bahkan dapat melebihi pendapat yang dimiliki oleh sebuah negara.
Seperti perusahan tik tok, tetapi pada pratikna perusahaan tik tok
Indonesia ini berdiri dengan Platform ganda yang dilarang oleh
pemerintah Indonesia secara resmi sejak 25 September 2020.
Larangan yang tertuang dalam Revisi Peraturan Menteri Perdagangan
nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan,
Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam perdagangan.
Melalui sistem elektronik tersebut salah satunya bertujuan untuk
menyelaraskan penjualan barang offline para pedagang di pasar dan
toko offline lain. 

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-15