PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAPMINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Anggrainy Dana Wiharti Institut Agama Islam (IAI) Uluwiyah Mojokerto Indonesia Penulis
  • Mahmud Institut Agama Islam (IAI) Uluwiyah Mojokerto Indonesia Penulis
  • Mohammad Fikri Ramadhani Fauzi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Penulis

Kata Kunci:

Kompetensi pedagogik, minat, hasil belajar Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kompetensi
pedagogik guru terhadap minat belajar Matematika siswa kelas V dan
VI SDN Modopuro II. 2) menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik
guru terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V dan VI SDN
Modopuro II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifkorelatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SDN
Modopuro II yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dengan
menggunakan instrument angket, dokumentasi, dan observasi.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linear
sederhana. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat
pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar
matematika siswa kelas V dan VI SDN Modopuro II, sebab nilai thitung ˃
ttabel (5,207 ˃ 2,026) dan Fhitung = 27,112 dengan p-value 0,000 lebih
kecil dari α = 0,05 (0,000 ˂ 0,05). Dengan koefisien determinasi (R
Square) sebesar 0,416. Persamaan regresi linier yang didapat Ŷ = (-
20,513) + 1,169X. Dengan demikian Ha diterima. 2) Tidak terdapat
pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas V dan VI SDN Modopuro II, sebab nilai thitung < ttabel (-
1,164 < 2,026) dan Fhitung = 1,354 dengan p-value 0,278 lebih besar dari
α = 0,05 (0,278 > 0,05). Dengan koefisien determinasi (R Square)
sebesar 0,31. Persamaan regresi linier yang didapat Ŷ = 99,168 + (-
0,463)X. Dengan demikian H0 diterima.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-15