PENGARUH APLIKASI E-LEARNING TERHADAP MINAT DANHASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Jama’atin Nuryah Intitut Agama Islam (IAI) Uluwiyah Mojokerto Indonesia Penulis
  • Mahmud Intitut Agama Islam (IAI) Uluwiyah Mojokerto Indonesia Penulis
  • Fauziah Rusmala Dewi Madrasah Ibtidaiyah Nabaul Ulum Wonosari Ngoro Penulis

Kata Kunci:

Aplikasi e-learning, minat belajar, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh aplikasi E-Learning
terhadap minat belajar tema 4 materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV
Madarsah Ibtidaiyah Negeri 3 Mojokerto, 2) pengaruh aplikasi E-Learning
terhadap hasil belajar tema 4 materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV
Madarsah Ibtidaiyah Negeri 3 Mojokerto. Penelitian kuantitatif Asosiatif.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV berjumlah 56 siswa. Instrument
penelitian Mengguakan metode angket, tes, observasi, dan dokumentasi.
Untuk melaksanakan penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil
penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel aplikasi ELearning terhadap minat belajar dengan nilai thitung > ttabel (16.145 >
1,671) serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa variabel
aplikasi E-Learning berpengaruh terhadap minat belajar dengan konstribusi
sebesar 82,8% selebihnya 17,2% (2) terdapat pengaruh antara aplikasi ELearning terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel (4,103 > 1,671)
serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa variabel aplikasi ELearning berpengaruh terhadap minat belajar dengan konstribusi sebesar
48,7% selebihnya 51,3%.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-15