PENINGKATAN PROFESIONALISASI GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Kata Kunci:
Profesionalisasi guru, pelatihan AC, karya ilmiah, guru madrasahAbstrak
Tujuan pelatihan agar pra guru mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk menulis karya pengembangan profesi berbentuk pelaporan hasil penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah dalam bidang pendidikan. Pelatihan dilakukan kepada 25 orang guru, diutamakan guru-guru yang belum lulus atau belum mengikuti program sertifikasi guru. Metode yang digunkan yakni, ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab, dan latihan serta workshop. Kegiatan pelatihan pengembangan karya profesi yang berbentuk penulisan hasil laporan penelitian tindakan kelas maupun artikel ilmiah bidang pendidikan bagi guru Madrasah Ibtidaiyah untuk meningkatkan profesionalitas guru dapat berjalan dengan lancar. Hampir semua peserta antusias dan merasakan manfaat pelatihan. Pelaksanaan pengabdian untuk guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ulum Wonosari Ngoro Mojokerto dapat disimpulkan berhasil sampai tahap pelatihan penulisan karya ilmiah hasil kajian bidang studi. Keberhasilan ini ditunjukkan: (1) Adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ulum Wonosari Ngoro Mojokerto untuk meningkatkan profesionalitasnya, (2) Adanya respon yang positif dari peserta mengingat kegiatan pengabdian merupakan kebutuhan guru dalam rangka peningkatan profesionalitasnya, (3) Sebagian besar (75%) peserta telah memahami konsep pengembangan karya profesi, arti penting karya pengembangan profesi, pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas karya pengembangan profesi dalam bentuk penulisan laporan tindakan kelas maupun artikel ilmiah dalam bidang pendidikan serta mampu mengembangkan karya profesi dalam bentuk penulisan karya ilmiah hasil kajian bidang studi sebanyak 8 judul.