DAMPAK PENUTUPAN TIK TOK SHOP DALAM KONSEP KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Penulis

  • Nuh Krama Hadianto
  • Sudiah Hestianah
  • Dian Mafulla

Kata Kunci:

Komunikasi interpersonal, penutupan tik tok shop

Abstrak

Komunikasi interpersonal merupakan proses yang menggunakan pesanpesan untuk mencapai kesamaan makna antara dua orang atau lebih dalam
sebuah situasi yang memberikan kesempatan yang sama bagi komunikator
dan komunikan). Proses komunikasi itu ditandai dengan interaksi verbal dan
non verbal. Dampak dari diterbitkannya Peraturan Menteri Perdagangan
(Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 dari Permendag Nomor 50 tahun 2020
terkait Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembukaan dan Pengawasan
Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) adalah
per tanggal 04 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB Tiktok Indonesia resmi
ditutup dan diberhentikan layanan transaksi e-commerce pada fitur Tiktok
Shop. Penutupan tersebut dimaksudkan guna memperbaiki pasar UMKM
karena gencatan transaksi melalui sosial media sangat tinggi. fenomena
penutupan Tiktok Shop menjadi momentum untuk menggiatkan dan
memacu pelaku UMKM untuk lebih adaptif supaya bisnis tetap bertahan
dengan keadaan yang cepat sekali berubah.

Unduhan

Diterbitkan

07-11-2022

Cara Mengutip

Hadianto, N. K., Hestianah, S., & Mafulla, D. (2022). DAMPAK PENUTUPAN TIK TOK SHOP DALAM KONSEP KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Jurnal El-Idaarah, 2(2). Diambil dari https://jurnal.stiedarulfalahmojokerto.ac.id/index.php/jurnal_el-idaarah/article/view/81