PREDATORY PRICING MELUMPUHKAN UMKM INDONESIA: STUDI KASUS TIKTOK SHOP
Kata Kunci:
Predatory pricing, UMKM Indonesia, tiktok shopAbstrak
Pada saat ini Indonesia dihebohkan dengan kegiatan predatory pricing
melalui e-commerce maupun melalui sosial media yang merubah
fungsinya sebagai media jualan, misalnya tik tok. Perkembangan
predatory pricing sudah sangat mencemaskan bagi kalangan pelaku
UMKM. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan
melakukan studi pustaka dan literatur. Metode dengan pengumpulan
data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai
literatur yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Tik Tok shop yang berada di
Indonesia dapat membunuh UMKM yang sedang berkembang dengan
cara predatory pricing. Maka dibutuhkan ketegasan pemerintah unuk
membuat regulasi dan pemisahan antara media sosial dan ecommerce. Serta memberikan regulasi untuk agar tidak ada pedagang
yang melakukan predatory pricing.