PENGARUH BRAND IMAGE DAN NISBAH TERHADAPKEPUTUSAN MENJADI NASABAH MURABAHAH

Penulis

  • Nina Rosita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darul Falah Mojokerto Penulis
  • Mahmud Intitut Agama Islam (IAI) Uluwiyah Mojokerto Indonesia Penulis
  • Khuriyatul Mutrofin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darul Falah Mojokerto Penulis

Kata Kunci:

Brand image, ratio, decision to become a customer, murabahah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan nisbah baik
secara parsial maupun simultan terhadap keputusan menjadi nasabah murabahah di
Bank Syariah Indonesia KCP Mojosari Mojokerto. Penelitian kuantitatif asosiatif
ini dalam pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel
sebanyak 63 nasabah. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) Ada pengaruh brand image terhadap
keputusan menjadi nasabah murabahah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel
(3,106 > 2000) Sig-2 tailed < α (0,000 < 0,05). 2) Ada pengaruh nisbah terhadap
keputusan menjadi nasabah murabahah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel
(4,655 > 2,000) dan Sig-2 tailed < α (0,000 < 0,05). 3) Ada pengaruh brand image
dan nisbah secara simultan terhadap keputusan menjadi nasabah murabahah. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel(12.692 > 3.14) dan Sig-2 tailed (0,000 < 0.05).

Diterbitkan

2021-11-15