PENINGKATAN PROFESIONALISASI GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Mahmud
  • Adam Nur Muhammad
  • Sudiah Hestianah
  • Ludina Risha Novia Arum Putri

Kata Kunci:

Profesionalisasi guru, pelatihan, karya ilmiah, guru madrasah.

Abstrak

Tujuanpelatihan agar pra guru mempunyai pengetahuan dan
kemampuan untuk menulis karya pengembangan profesi berbentuk
pelaporan hasil penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah
dalam bidang pendidikan. Pelatihan dilakukan kepada 25 orang guru,
diutamakan guru-guru yang belum lulus atau belum mengikuti
program sertifikasi guru. Metode yang digunkan yakni, ceramah
bervariasi, diskusi, tanya jawab, dan latihan serta workshop. Kegiatan
pelatihan pengembangan karya profesi yang berbentuk penulisan hasil
laporan penelitian tindakan kelas maupun artikel ilmiah bidang
pendidikan bagi guru Madrasah Ibtidaiyah untuk meningkatkan
profesionalitas guru dapat berjalan dengan lancar. Hampir semua
peserta antusias dan merasakan manfaat pelatihan. Pelaksanaan
pengabdian untuk guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ulum
Wonosari Ngoro Mojokerto dapat disimpulkan berhasil sampai tahap
pelatihan penulisan karya ilmiah hasil kajian bidang studi.
Keberhasilan ini ditunjukkan: (1) Adanya kesesuaian materi dengan
kebutuhan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ulum Wonosari
Ngoro Mojokerto untuk meningkatkan profesionalitasnya, (2) Adanya
respon yang positif dari peserta mengingat kegiatan pengabdian
merupakan kebutuhan guru dalam rangka peningkatan
profesionalitasnya, (3) Sebagian besar (75%) peserta telah memahami
konsep pengembangan karya profesi, arti penting karya
pengembangan profesi, pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas
karya pengembangan profesi dalam bentuk penulisan laporan tindakan kelas maupun artikel ilmiah dalam bidang pendidikan serta mampu
mengembangkan karya profesi dalam bentuk penulisan karya ilmiah
hasil kajian bidang studi sebanyak 8 judul.

Unduhan

Diterbitkan

07-03-2022