PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP KUALITAS PRODUK (Penelitian pada PT. Karya Sukses Polikemasindo)

Penulis

  • Didik Hariono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darul Falah Mojokerto Penulis
  • Nur’aini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darul Falah Mojokerto Penulis
  • Mahmud Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darul Falah Mojokerto Penulis

Kata Kunci:

Biaya Kualitas, Persepsi, Kualitas Produk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh komponen-komponen biaya kualitas terhadap kualitas produk. Materi dari penelitian ini menganalisis persepsi dari para 
responden terhadap komponen-komponen biaya kualitas serta mengukur sejauh mana 
tingkat kepuasan para responden terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Hal ini 
memerlukan verifikasi secara empiris apakah ada hubungan antara biaya kualitas dengan 
kualitas produk. Dilakukan pengambilan sampel dari 40 responden yang bekerja di sebuah 
perusahaan produsen kemasan plastik yaitu PT. Karya Sukses Polikemasindo di Pasuruan 
Jawa Timur. Para responden dipilih berasal dari beberapa divisi. Pada penelitian ini 
melibatkan 5 variabel, diantaranya : biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan 
internal, biaya kegagalan eksternal dan kualitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data disebar melalui kuesioner. 
Teknik pengumpulan datanya melalui interview dan sebar kuesioner. Data hasil kuesioner 
diolah dengan program excell untuk membantu menggambarkan lebih dalam didasarkan 
pada skor interval yang diberikan oleh para responden terkait dengan komponenkomponen biaya kualitas dan juga kualitas produk. Temuan dalam penelitian ini 
mengindikasikan bahwa dengan semakin meningkatnya biaya kualitas maka berdampak 
pada peningkatan tingkat kepuasan terhadap kualitas produk yang dihasilkan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-02